Kamis, Maret 17, 2011

Bagaimana sebaiknya jika ingin mengirim lamaran via email

Saat ini sudah banyak sekali situs-situs yang mempublish lowongan pekerjaan, dan juga pengiriman lamarannya pun ada yang via email.

Saya sering mendapati pelamar yang mengirimkan lamaran via email dengan tidak menggunakan etika, misalnya :
  1. Tidak menggunakan subject (email tidak ada judul nya)
  2. Dalam email lamarannya pun tidak ada basa basi nya, langsung saja ada attachment
  3. Asal forward saja (mungkin sebelumnya dia mengirimkan lamaran ke perusahaan lain, dan ketika ingin masukin lamaran ga buat email baru tapi langsung forward dari yang sebelumnya)
  4. Ada juga yang mengirimkan lamaran untuk temannya dengan menggunakan email yang sama (dalam 1 email didalamnya ada 3 pelamar)
Itulah kasus yang biasa saya dapati ketika mendapatkan email lamaran pekerjaan, nah disini saya mencoba untuk berbagi bagaimana sebaiknya mengirim lamaran ke perusahaan agar dipandang sebagai yang profesional :D
  1. Buatlah email dengan menggunakan subject yang diinginkan perusahaan (karena ada perusahaan yang menentukan subject dengan menggunakan kode, misalnya pelamar harus menuliskan subject "Lamaran Teknisi 01"), namun jika subject tidak ditentukan baiknya gunakan subject yang umum misalnya "Lamaran Pekerjaan".
  2. Isi email baiknya menggunakan basa-basi, ya sekedar menyapa misalnya "dengan hormat, selamat siang, selamat pagi" atau sapaan lainnya.
  3. Isi email juga baiknya menuliskan referensi dari mana anda mendapatkan informasi mengenai lowongan tersebut, misalnya :
    "Berdasarkan informasi yang saya dapat di http://www........, bahwa perusahaan yang bapak/ibu pimpin sedang membutuhkan pegawai untuk posisi ......., maka dari itu saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan CV / Daftar Riwayat hidup dan Foto terbaru."
  4. Melampirkan CV / Daftar Riwayat hidup sebaiknya dengan format .pdf, agar dokumen yang anda kirim tidak berantakan formatnya, jika anda mengirimkan dokumen dengan format .doc terkadang formatnya menjadi tidak karuan dan terkadang jadi tidak bisa terbaca dengan jelas.
  5. Kirimlah email lamaran dengan menggunakan email pribadi, jangan mengunakan email orang lain, dan jangan sekali-kali 'nebeng' lamaran dengan menggunakan email teman yang sama-sama akan melamar.
  6. Kirimlah dokumen / attachment yang memang diminta untuk dikirimkan, jangan mengirimkan attachment yang sama sekali tidak diminta, karena itu hanya akan membuat penuh email penerima.
  7. Sertakan no telephone yang bisa dihubungi, dan akhiri dengan salam penutup.
Nah demikianlah bagaimana sebaiknya mengirim lamaran via email, semoga bermanfaat deh... :D

6 komentar:

  1. Anonim1:39 PM

    nice info gan..

    BalasHapus
  2. Anonim11:43 PM

    nice share...
    saya mau nanya, kalo soal jam berapa kita mengirimkan emailnya apakah ada etikanya juga? terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  3. klo soal jam ga masalah sih mau kirim jam berapa pun, yang jelas klo pengn cepet2 dibaca ya kirimnya pas jam kerja :D

    BalasHapus
  4. Anonim9:42 PM

    gan boleh kasih contoh lamaran kerja untuk penjaga pintu tol,soalnyaa tmn ane ada yang mau ngajakin kerja disitu.
    klo bisa diemail aja ya gan.
    soniadam_hb25@yahoo.com

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  5. Anonim1:44 PM

    bos klo pake pdf apa penerima tidak berat downloadnya secara pdf bisa sampe 4mb klo dengan lampiran

    BalasHapus
  6. Kka. .
    minta saran nya boleh ?
    kalo semua berkas sperti Cv,skck,surat ket.kesehatan,dan transkrip nilai ( baru lulus blm kluar ijazah ), sama ktp itu bisa di Scanner trus di bkin Pdf atau di buat folder trus gabungin atau terpisah . .atau gmna kka ?
    biar lebih sopan :)

    mkasih

    BalasHapus