Rabu, Juni 01, 2016

Internet Banking BCA Bisnis dengan VPN versi web

Di postingan sebelumnya saya pernah menulis mengenai Internet banking BCA Bisnis di Ubuntu dengan VPN
saat ini saya akan menulis mengenai Internet banking BCA Bisnis dengan VPN web base.

Sebenarnya pihak BCA telah lama menggunakan VPN web base ini dan saya sendiri pun telah lama menggunakannya namun baru sempat menulisnya.

Saat ini kita tidak perlu repot menginstall vpn pada komputer / laptop untuk mengakses klik bca bisnis, cukup dengan membuka web browser pada komputer / laptop dan masukan url ini https://vpn.tarumanagara.com/

Berikut adalah tampilan nya pada web browser
Kemudian masukan username dan password

Username disini adalah gabungan Corporate Id dan User Id. Corporate Id adalah yang 10 digit itu, biasanya diawali dengan IBS......., kemudian klo User Id adalah user yang didaftarkan sendiri, biasanya harus gabungan huruf dan angka.

Sedangkan password disini adalah angka yang didapat dari key bca bisnis, kemudian klik "LOGIN"

Maka akan masuk ke halaman vpn seperti berikut :

Pilih menu "KlikBCA BISNIS" dan akan masuk ke halaman login klik bca bisnis seperti ini :




Pada bagian ini dan selanjutnya sama seperti login biasa, yaitu memasukan corporate id dan user id serta keybca nya.


Kelebihan menggunakan vpn web base ini yaitu :

  1. bisa dipakai di sistem operasi apapun baik windows, linux bahkan bisa dibuka dari hp.
  2. kita masih bisa menggunakan internet untuk keperluan lain (browsing & chating), beda hal nya dengan vpn versi desktop yang akan memutus koneksi lain.


Sedangkan kekurangannya yaitu apabila koneksi putus dan belum selesai transaksi, maka otomatis akan keluar dari vpn dan kembali ke halaman awal login vpn. Kita baru bisa login lagi setelah session nya habis, kurang lebih sekitar 10 menit.

Apabila telah selesai transaksi, jangan lupa logout dari klik bisnis nya, kemudia logout dari vpn nya.
Demikian ya, semoga membantu

42 komentar:

  1. Kalau lupa logout dari klik bisnis ny gimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti akan logout sendiri kok, nunggu session nya abis aja biasanya 10 menit klo ga salah

      Hapus
    2. Anonim5:48 PM

      saya lupa log out klik bca bisnisnya. pas saya buka lagi malah tulisannya user sudah aktif

      Hapus
    3. Jika lupa Log out atau sengaja dibiarkan selama beberapa menit, Klik BCA Bisnisnya memang akan me-log out secara otomatis. Jadi untuk log in kembali, harus menunggu sekitar 10-15 menit.

      Hapus
    4. sudah ditunggu sampai 1 jam man lebih , tapi masih user sudah aktif . gimana?

      Hapus
    5. Anonim3:37 PM

      kalau udah nunggu 10-20 menit tapi masih user anda sudah aktif itu kenapa ya? soalnya saya login sebelumnya koneksi internetnya terputus

      Hapus
  2. klw vpn bca di mac,iphone,ipad apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dengan vpn versi web ini, bahkan di hp android pun bisa

      Hapus
  3. Saya pakai mac, coba login (passwordnya pakai angka yg digenerate dari KeyBCA-nya kan ya) tapi ga bisa-bisa, selalu kembali ke halaman login awal https://vpn.tarumanagara.com :( Kira-kira kenapa ya? Saya coba pakai Chrome n Safari sama saja. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau password yang digenerate dr keybca nya sudah di input benar, mungkin itu salah usernamenya. username itu gabungan corporate id & user id disatuin tanpa spasi. contoh
      corporate id : IBSJALMIDA
      user id : IKAEKA7677
      maka username nya di masukan "IBSJALMIDAIKAEKA7677"


      tapi kalau masih tidak bisa juga mungkin user nya terblokir, coba saja hubungi call center bca, minta klarifikasi kenapa tidak bisa login.
      mudah-mudah an membantu.

      Hapus
    2. karena di halaman login vpn nya itu tidak ada notifikasi salah user atau salah password pak. makanya kadang klo saya susah login pun saya cek lagi user nya

      Hapus
    3. saya mengalami hal yg sama dg menggunakan Safari melalui Macbook .. mau login ga bisa2 padahal username sdh benar ..
      Tapi access melalui iPhone bisa ..

      Hapus
    4. Saya pun mengalami hal yg sama .. tidak bisa login .. dg menggunakan Safari di Macbook saya, padahal selama ini lancar2 aja .. tapi saya coba di iphone saya bisa ..

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak setau saya kalau sudah login pakai vpn versin desktop, tinggal di nonaktif aja vpn nya ga usah di uninstall. memang kalau vpn desktop nya itu masih aktif, tidak bisa menggunakan koneksi internet untuk browsing yang lain. makanya disini aja von versi web, yg tidak usah pakai vpn desktop.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. bisa pak, ssebelum ada vpn versi web saya juga pakai vpn versi desktop, ada 2 user dengan perusahaan berbeda yang saya gunakan pada 1 pc.

    BalasHapus
  7. Daniel11:15 AM

    apakah ini aman ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ini sudah lebih dari 2 tahun saya pakai aman pak, mudah2an bca terus bisa pertahankan dan tingkatkan keamanannya :)

      Hapus
  8. ga bisa login pakai mozilla kenapa ya,,, setelah masukin corporate id dan username trus login balik lagi ke step 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin salah masukan pin nya pak, karena kalau salah pin atau user itu tidak ada notifikasi, bisa tunggu dulu kira2 10 menit lalu coba lagi

      semoga membantu

      Hapus
  9. Oh bisa juga yah dengan cara seperti itu, belum pernah saya menggunakan akses vpn untuk internet banking

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pak, kalau rekeningnya individu memang tidak pakai vpn. hanya untuk rekening korporat saja yang pakai vpn

      Hapus
  10. Key bca bisnis terblokir cara pengurusanya apa bisa di kuasakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba telp pihak call center saja pak. :)

      Hapus
  11. kalau misal passwrd pada user name salah gimana?
    salah input dari tokennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ulangi lagi dilain waktu, asal jangan sampai 3x berturut-turut dalam 1 hari

      Hapus
  12. adakah solusi untuk versi destop agar saat connect kita tetep di jaringan lokal kita atau internet kita tetep nyala thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau vpn versi desktop memang koneksi jaringan lainnya terputus pak. makanya ada alternatif lain dengan vpn versi web ini, jadi masih tetap bisa terhubung internet

      Hapus
  13. Berguna banget thank youuuuu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, trimakash sdh mampir :)

      Hapus
  14. klik bca bisnis ngeselin, ribet ketimbang bri atau mandiri, bahkan bni lbh efektif

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kebiasaan mungkin pak, internet banking pada dasarnya untuk mempermudah transaksi :)

      Hapus
  15. Bagaimana menggunakan multi transfer

    BalasHapus
  16. hari ini BCA bisnis lagi eror,, aku ga bisa bayar indihome. huh

    BalasHapus
  17. Anonim10:10 PM

    saya lupa logout dan selalu muncul user id sudah aktif. saya tunggu lebih dari 15menit masih saja seperti itu kira2 ada solusi gak ya saya mesti gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sering seperti itu, ga ada yang bisa dilakukan selain menunggu :) nanti juga bisa lagi

      Hapus
  18. Pak... sy mau transfer kok nggak bisa terus ya tulisannya eror terus

    BalasHapus
  19. Mau tanya, kenapa tiap saya login ke komputer temen saya, disitu bisa tetap login lama sampai saya loguot sendiri. Sedangkan tiap kali saya login di komputer saya sendiri, tiap 5 menitan mesti otomatis logout sendiri, dan harus nunggu 10 menitan buat login lagi. Padahal kita sama2 pakai chrome. Adakah solusi?

    BalasHapus
  20. kalau kesalahan saat login sudah 2x apakah terakumulasi ke hari berikutnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak pak. bisa dicoba login ke esokan hari nya

      Hapus
  21. apakah jika kesalahan sudah 2x login di VPN tarumanegara untuk BCA Bisnis akan terakumulasi ke hari berikutnya?

    BalasHapus