Rabu, Maret 02, 2022

Youtuber pemula wajib baca, pengalaman pribadi sub4sub Part 1

Halo teman-teman seperjuangan yotuber pemula, yang sedang semangat mencari subscriber melalui jalur sub4sub, aku mau berbagi pengalaman tentang pengalaman mencari subscriber. Sebelumnya aku punya chanel lama yang dibuat tahun 2011 waktu itu belum ada aturan minimal 1000 subscribe 4000 jam tayang untuk menjadi mitra youtube, dulu aku ga aktif di youtube nyesel sih kenapa ga dari dulu ngeyoutube.

Singkatnya aku bikin chanel lain dengan konten anak-anak dan baru 2 bulan ini aku aktif lagi ngonten. Disinilah perburuan mencari subscriber dimulai.

Percobaan demi percobaan aku lakukan, mulai dari share ke teman, saudara bahkan share di medsos pun sudah dilakukan namun hasilnya masih minim, ya maklum juga sih karena baru ngonten lagi ga mungkin kan langsung meroket.

Sempet beberapa kali tergoda dengan jasa para penjual subscribe, tapi hal itu tidak aku lakukan karena takut nantinya akan jadi masalah.

Kemudian aku mencari info bagaimana cara menaikan subscriber, nah ketemu deh grup di telegram yang anggota nya para youtuber pemula. Aku pikir nah ini nih cara yang aku cari-cari. 

Didalam grup tersebut banyak sekali anggota nya, mereka saling support dengan cara kita subscribe chanel kawan, kemudian kawan itu pun akan subscribe balik ke chanel kita (mereka bilangnya sub for sub / sub4sub)

Hari itu hari pertama aku dapat 14 subscriber baru dengan cara sub4sub, hari kedua aku skip karena beberapa kesibukan ibu rumah tangga 😊

Hari ketiga subscriber ku turun 4, hari berikutnya turun lagi, secara bertahap ke 14 subscriber yang aku dapat itu pun hilang semua sehingga kembali ke jumlah semula. 

Usut punya usut ternyata kegiatan sub4sub itu melanggar kebijakan youtube, akhirnya aku ga terusin lagi.

Ada banyak sekali aturan dalam grup komunitas itu contohnya seperti :

- tonton dulu video nya minimal 3menit baru subscribe, kemudian wajib nyalakan lonceng. Tujuan aturan ini katanya kalau tidak dilaksanakan maka subscribernya akan hilang

- ada juga aturan yang mengajak untuk clear histori. Aku belum paham sih maksud nya mereka clear histori itu untuk apa tujuannya.

Nah aturan-aturan itu aku pun jalani tapi tetep aja subscriber ku hilang juga. 

Setelah aku baca dari panduan komunitas youtube itu ternyata youtube akan menyembunyikan subscriber yang teridentifikasi spam. 

Nah makanya subscriber yang aku dapat dari kegiatan sub4sub itu pun "diumpetin" sama youtube/tidak dihitung dalam akumulasi jumlah subscriber.

Penasaran kan aku coba cari tau di komunitas telegram itu tadi, mereka yang ikut di komunitas youtuber pemula itu beranggapan kalau subscriber yang hilang itu akan kembali muncul kalau dia nonton dan komen di video kita. 

Sedangkan aku berasumsi kalau akun mereka yang ikut sub4sub itu sudah menjadi akun spam, hal itu mungkin dikarenakan mereka terlalu banyak mensubscribe chanel lain.

Nanti Lanjut cerita nya di part 2 ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar